Share  

KOMPETISI STARTUP

Ahlijasa jawarai kompetisi startup se-ASEAN

Oleh : Teodosius Domina
Rabu, 24 Februari 2016
08:09 WIB
Ahlijasa jawarai kompetisi startup se-ASEAN

JAKARTA. Ahlijasa sukses menyabet gelar juara dalam kompetisi startup se-ASEAN yang bertajuk Startuppedia ASEAN Challenge 2016. Setelah mengungguli 352 pendaftar yang lain, jasa penyedia layanan rumah tangga ini berhasil mendapat hadiah sebesar US$ 50.000 atau sekitar Rp 680 juta.

Jay Jayawijayaningtiyas, CEO Ahlijasa mengatakan setelah diluncurkan sebulan yang lalu aplikasi ini sudah didownload lebih dari 1800 pengguna android. Meski demikian ia mengaku belum meraup keuntungan finansial. “Fokus kami masih dalam hal pengembangan layanan dulu,” imbuhnya.

Salah satu juri, Kentaro Hashimoto mengatakan Ahlijasa memiliki model bisnis terbaik diantara yang lain. Presentasi mereka juga sangat bagus. Karena itu, selain mendapat hadiah berupa bantuan ekuitas, Ahlijasa juga akan mendapat mentoring lewat program akselelator bernama GnB. Program ini merupakan hasil dari kerjasama Fenox Ventura Capital dan Infocom Corporation.

Layanan yang disediakan Ahlijasa untuk sementara ini hanya laundry dan perbaikan AC. Untuk laundri, "ahlijasa" akan menyediakan sebuah box yang bisa diisi cucian. Tarif cuci-setrika per box adalah Rp 30.000 termasuk jasa antar-jemput. "Satu box rata-rata menampung 7-8 kilogram cucian. Tapi ada juga pelanggan yang rapi dan bisa memasukkan 10 kilogram," terangnya.

Sedangkan untuk jasa perbaikan AC, aplikasi ini hanya bisa memberi estimasi biaya tergantung keluhan yang disampaikan. "Ke depan, kami akan menambah layanan jasa profesional. Rencananya kami juga akan bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) agar provider kami benar-benar memberikan pelayanan optimal," imbuh Jay.

Ahlijasa dinyatakan sebagai pemenang oleh dewan juri setelah melewati tahap presentasi mengalahkan empat kompetitor, diantaranya "MyAone" asal Malaysia yang menyediakan jasa pembelajaran, "Porter" penyedia layanan logistik, "Klik Daily" aplikasi untuk pembelian gas dan air mineral, dan "Doktermana" startup di bidang administrasi kesehatan.

Editor : Yudho Winarto