Share  

BURSA EFEK INDONESIA / BEI

Analis: Target market caps Rp 6.500 rasional

Oleh : Dede Suprayitno
Senin, 28 Agustus 2017
21:05 WIB
Analis: Target market caps Rp 6.500 rasional

KONTAN.CO.ID - Bursa Efek Indonesia (BEI) membidik kapitalisasi pasar modal tahun ini bisa tembus ke angka Rp 6.500 triliun. Akhir pekan lalu, kapitalisasi pasar modal Indonesia yakni Rp 6.482 triliun.

Dengan kata lain, BEI berada pada urutan kedua dari enam bursa saham Asia Tenggara. Nilai kapitalisasi Indonesia setara dengan US$ 483,08 miliar. Sedangkan peringkat pertama ditempati pasar saham Singapura dengan nilai kapitalisasi pasar US$ 553,13 miliar.

Lucky Bayu Purnomo, Analis Danareksa Sekuritas menyatakan, untuk terus mengejar target kapitalisasi pasar perlu melibatkan banyak pihak. "Untuk mencapai itu, tidak boleh dibebankan 100% kepada pasar. Tetapi, harus ada pihak yang bisa mendorong tercapai itu," katanya, Senin (28/8).

Salah satu cara untuk meningkatkan kapitalisasi pasar yakni dengan mengajak perusahaan untuk IPO. Nah, menurutnya, saat ini merupakan tahun yang tepat untuk masuk ke pasar modal.

"Karena tahun 2019 sudah tahun politik, jadi ini adalah tahun-tahun untuk merayakan volatility. Pasar masih mampu memberikan apresiasi satu tahun ke depan," imbuhnya.

Target mencapai market caps tersebut terbilang rasional. Pasalnya, indeks masih cenderung menguat. Target tersebut dinilai sejalan dengan arah kebijakan pemerintah untuk menggenjot perekonomian melalui senjata paket kebijakan ekonomi.

Editor : Dupla Kartini