Share  

BADAN EKONOMI KREATIF

Bekraf gelar roadshow Startup World Cup

Oleh : Jane Aprilyani
Rabu, 19 Juli 2017
19:10 WIB
Bekraf gelar roadshow Startup World Cup

JAKARTA. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerjasama dengan perusahaan modal ventura asal Silicon Valley, Fenox Venture Capital (VC) untuk kembali menggelar rangkaian acara Startup World Cup (SWC). SWC adalah sebuah kompetisi startup tingkat global yang menawarkan hadiah senilai satu juta dollar dalam bentuk investasi. Indonesia kembali dipilih kedua kalinya sebagai tuan rumah babak penyisihan tingkat Asia Tenggara.

Tema SWC Indonesia tahun ini sama dengan tahun sebelumnya yaitu “From Silicon Valley to Indonesia, We Bring Opportunities”. Bekraf menjadi mitra utama Fenox VC di tahun kedua penyelenggaraan SWC ini.

Bekraf menilai SWC sebagai platform yang tepat untuk membantu startup di seluruh Indonesia berkesempatan tampil di kancah dunia. Bekraf juga ingin memastikan tidak hanya startup di Ibukota saja yang dapat ikut berpartisipasi dalam SWC, tetapi juga startup lokal di berbagai daerah.

“Sejak pertama kali mengajukan proposal kerjasama, kami sudah berpesan dengan tim Fenox VC, bahwa kami (Bekraf) akan mendukung SWC, dengan syarat pihak Fenox VC bersedia untuk membawa SWC yang merupakan platform global ini ke kota-kota lain di Indonesia melalui program roadshow. Kami ingin startup lokal memiliki kesempatan yang sama dengan startup ibukota. Dan kami juga ingin terus meningkatkan komitmen kami dalam pemberdayaan startup lokal melalui program-program semacam ini”, tutur Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo, dalam keterangan yang diterima KONTAN, rabu (19/7).

“Tahun lalu kami mengadakan SWC Roadshow ke enam kota di Indonesia. Melihat antusias yang begitu besar di tahun lalu, tahun ini pun pihak Bekraf dan Fenox VC sepakat untuk mengadakan di delapan kota,” tegas Fadjar.

SEA Regional Manager Fenox VC Retno Dewati menambahkan informasi kerjasama Bekraf dan Fenox VC pada penyelenggaraan SWC ini merupakan misi yang sama terhadap ekosistem startup di Indonesia. Fenox sendiri telah memulai investasi di Indonesia sejak tahun 2013 dan ini merupakan mandat untuk ikut andil dalam pemberdayaan startup di Indonesia. "Kami juga melihat Bekraf sangat aktif di dunia startup, mulai dari program mempertemukan startup dengan investor, program pelatihan, maupun melalui kebijakan-kebijakan yang dirancang untuk mendukung pertumbuhan startup Indonesia,” ucap Retno.

Tahun ini roadshow SWC diselenggarakan di Eduplex Bandung, Jawa Barat (18-19/7), Clapham Collective Medan, Sumatera Utara (24-25/7), SUB Co Spazio Surabaya, Jawa Timur (27-28/7), Jogja Digital Valley Yogyakarta, Jawa Tengah (31/7 & 1/8), Kumpul Coworking Space Bali (3-4/8), Ballroom Aston Hotel and Convention Center Makassar, Sulawesi Selatan (7-8/8), STIE Madani Balikpapan, Kalimantan Timur (10-11/8), dan Universitas Internasional Batam (14-15/8). Bekraf dan Fenox VC sepakat delapan kota tersebut mampu mewakili Indonesia dari bagian barat hingga bagian timur. Hari pertama adalah coaching clinic dan hari kedua adalah pitching competition.

Rangkaian acara roadshow SWC terdiri dari tiga program, yaitu mentoring bagi para startup, talkshow dengan menghadirkan para investor dan pendiri startup serta kompetisi pitching. Pemenang masing-masing kota akan kembali berkompetisi untuk memperebutkan tiga posisi teratas dalam gelaran Startup World Cup Wild Card Round Final di Jakarta pada 19 September mendatang. Tiga pemenang utama dalam final Wild Card Round akan dikirim ke Silicon Valley untuk menghadiri konferensi SWC Final di Fox Theatre, Redwood City, CA pada 11 Mei 2018.

Beberapa pembicara yang hadir dalam rangkaian roadshow SWC antara lain Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo, Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari, SEA Regional Manager Fenox VC Retno Dewati, CEO Ahlijasa sekaligus Juara SWC Indonesia 2017 dan Juara tiga SWC Global Final 2017 Jay Jayawijayaningtiyas, CEO Talenta serta Top 10 SWC Indonesia 2017 Joshua Kevin, CEO Indoproc dan pendiri Price Area yang telah diakuisisi oleh Yello Mobile dari Korea Selatan Andry Suhaili , Managing Partner Grupara Ventures Aryo P. Ariotedjo, CEO Paprika sekaligus juara SWC Wild Card Round Medan 2017 Kalvin Yap, dan Top Three SWC Wild Card Round Final.
 

Editor : Dessy Rosalina
    Berita Terkait