Share  

MUDIK LEBARAN

Berharap cerita Brexit mudik tidak terulang

Oleh : Yudho Winarto
Jumat, 23 Juni 2017
02:27 WIB
Berharap cerita Brexit mudik tidak terulang

JAKARTA. Musim pulang kampung alias mudik Lebaran telah tiba. Di H-3 mudik Hari Raya Idul Fitri 1438 H peningkatan volume arus kendaraan di ruas jalur mudik sudah terlihat.

Mengutip dari laman NTMC Korlantas Polri, Kabag Ops Kombes Benyamin menyampaikan pantauannya dari Jakarta, arus mudik kendaraan dari arah Jakarta ada peningkatan aliran kendaraan merayap yang signifikan. Diketahui sepanjang 6 Km merayap.

"Untuk Posko-posko dimohon disiapkan antisipasinya. Sekiranya 1-2 jam yang akan datang kendaraan akan tiba di posko-posko. Mohon disiapsiagakan dan jangan sampai lengah." himbaunya, Kamis (22/6).

Arus mudik di lintasan Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat sudah mengalami kemacetan sepanjang 29 kilometer, Kamis malam, mulai dari KM10 Jatibenening, Kota Bekasi, hingga KM39 Cikarang, Kabupaten Bekasi.

"Ekor kemacetan pada pukul 21.45 WIB sudah sampai di Jatibening sampai Gerbang Utama Cikarang lalu nyambung lagi di KM39," kata Humas Jasa Marga Jakarta-Cikampek Handoyo di Bekasi dikutip dari Antara.

Menurut dia, kemacetan panjang dari arah Jakarta menuju Pantura itu diprediksi akibat volume kendaraan yang tidak tertampung oleh badan jalan tol selepas aktivitas buka puasa pemudik.

"Jumlah kendaraan malam ini diperkirakan mencapai 58 ribu lebih yang mengarah ke Pantura," katanya.

Ia mengatakan pihaknya tengah berkordinasi dengan Korlantas Mabes Polri dan Kementerian Perhubungan untuk melakukan rekayasa lalu lintas kemacetan.

"Kami masih tunggu instruksi kepolisian dan perhubungan untuk antisipasi situasi seperti kemacetan di Brebes Exit (Brexit)," katanya.

Dikatakan Handoyo, upaya penanggulangan kemacetan juga dilakukan dengan membuka 14 gerbang transaksi tol di GT Cikarang Utama untuk mempercepat alur pergerakan kendaraan.

Jika situasi semakin parah, kata dia, pihaknya akan memberlakukan penutupan sejumlah akses masuk tempat peristirahatan di sepanjang lintasan tol.

Upaya penutupan pintu masuk juga akan diberlakukan di sejumlah parking bay sebagai lokasi parkir kendaraan. "Parking bay juga akan kami tutup," katanya.

Berikut kondisi sejumlah ruas jalur mudik berdasarkan Info Siaga Sapta Taruna Ditjen. Bina Marga per 22 Juni:

Tol Cikampek, Tol Cipali Padat Merayap ( Tersendat di KM. 0 – KM. 98/GT. Kalijati, KM. 120- KM. 138 GT. Cikedung, KM. 219 GT Mertapada-Rest Area KM 228, dan KM. 240-KM. 248 GT. Pejagan)
Brexit Padat Merayap
Ciasem-Pamanukan Ramai Lancar
Tol Cipularang-Panci Ramai Lancar
Cileunyi-Rancaekek Ramai Lancar
Nagreg-Limbanga Ramai Lancar
Gentong-Ciawi Ramai Lancar
Weleri-Kendal-Semarang Padat Merayap (Pertemuan Exit Tol Darurat Gringsing dengan Jalan Nasional Pantura)
Sisa Ruas Jalan Nasional yang ditetapkan sebagai Jalur mudik Semuanya Lancar
1 2 3 Next
Editor : Yudho Winarto