Share  

KOMODITAS

China akan tutup tujuh tambang batubara

Jumat, 11 Agustus 2017
14:35 WIB
China akan tutup tujuh tambang batubara

KONTAN.CO.ID - Tujuh tambang batubara di Provinsi Heilongjiang, China, akan ditutup pada tahun ini. National Energy Administration (NEA) seperti dilansir Xinhua, Kamis (10/8), menyatakan penutupan tambang sebagai tindak lanjut dari kebijakan pemangkasan kapasitas produksi batubara nasional.

Perencana ekonomi Provinsi Heilongjiang mengatakan kepada Wakil Kepala NEA Wang Xiaolin, sampai akhir Juli, pihaknya sudah menutup lima tambang. Asal tahu saja, Heilongjiang merupakan wilayah di timur laut China yang menjadi basis produksi batubara utama Tiongkok.

Dalam sebuah rencana yang dikeluarkan tahun lalu, Provinsi Heilongjiang berjanji menutup 44 tambang dalam tiga sampai lima tahun ke depan. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kapasitas produksi batubara sebesar 25,67 juta ton.

Dalam beberapa tahun terakhir, Pemerintah Tiongkok memang memprioritaskan kebijakannya untuk mengatasi kelebihan pasokan batubara dan baja.

Tahun lalu, China memotong kapasitas produksi batubara lebih dari 290 juta ton dan baja lebih dari 65 juta ton. Tahun ini, China berencana memangkas kapasitas produksi batubara setidaknya 150 juta ton dan baja sekitar 50 juta ton.

Editor : Dupla Kartini
Sumber : Xinhua