Share  

JALAN TOL

Festival jalan tol Bawen-Salatiga sukses digelar

Oleh : Dina Mirayanti Hutauruk
Minggu, 13 Agustus 2017
15:40 WIB
Festival jalan tol Bawen-Salatiga sukses digelar

KONTAN.CO.ID - Festival Jalan Tol Jasa Marga Ruas Bawen-Salatiga sukses digelar dengan melibatkan lebih dari 5.000 orang peserta. Kegiatan ini digelar sebagai ajang perkenalan Jalan Tol Semarang Solo, khususnya ruas Bawen-Salatiga yang terbentang sepanjang 17,57 km.

Kegiatan ini dimulai dengan pelepasan peserta Fun Walk dengan jarak 5 km, yang dilanjutkan dengan Fun Bike Jarak Pendek dengan jarak 22,7 Km dan Fun Bike Jarak Jauh dengan jarak 35 Km. Sebelum itu, juga dilepas peserta lomba lari dengan jarak 22,7 km yang diikuti oleh 88 orang peserta lari profesional.

Hadir pada kesempatan tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, didampingi Kepala BPJT Herry TZ, Dirjen Bina Marga Ari S Murwanto, Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Utama Jasamarga beserta jajaran Direksi, dan Direktur Utama PT Trans Marga Jateng Yudhi Krisyunoro.

Seremonial acara dimulai pukul 06.00 WIB yang ditandai dengan pengibaran bendera start. Peserta disuguhi indahnya Panorama Gunung Merbabu sambil melintasi Jalan Tol Bawen-Salatiga yang akan dioperasikan dalam waktu dekat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengapresiasi penyelenggaraan Festival Jalan Tol Ruas Bawen-Salatiga ini sebagai bentuk pesta rakyat menyambut tersambungnya Jalan Tol Bawen-Salatiga. "Kita mengapresiasi keindahan Jalan Tol Bawen-Salatiga, keindahan alam dan lingkungannya sangat baik, serta didukung dengan kualitas jalan yang di atas rata-rata," ujar Basuki dalam keterangan resmi yang diterima KONTAN, Minggu (13/8).

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menambahkan, Festival Jalan Tol tersebut merupakan bentuk rasa syukur bersama atas hadirnya Ruas Tol Baru Bawen-Salatiga. Lewat acara itu, dia mengharapkan keterlibatan masyarakat untuk memiliki dan menjaga bersama ruas jalan tol Bawen-Salatiga yang akan diresmikan akhir Agustus 2017 ini.

"Keberadaan ruas baru ini jiga diharapkan dapat semakin meningkatkan geliat perekonomian di provinsi Jawa Tengah dan sekitarnya." kata Desi.

Disamping rangkaian acara di atas, Menteri PUPR juga melakukan video conference dengan Direktur Utama PT Trans Marga Jatim Raharjo untuk menerima laporan pengoperasian Jalan Tol Gempol Pasuruan segmen Gempol-Bangil yang melengkapi segmen Bangil-Rembang yang telah beroperasi sebelumnya. Dalam laporannya, Raharjo menyampaikan bahwa pengoperasian berjalan lancar.

Masih dalam rangkaian Festival Jalan Tol Jasa Marga, diserahkan bantuan berupa 3.655 bibit pohon Rambutan Rapi’ah untuk tiga kelurahan di Kabupaten Semarang, yaitu Kelurahan Ujung-Ujung (1.400 bibit pohon), Kelurahan Barukan (1.255 bibit pohon) dan Kelurahan Nyamat (1.000 bibit pohon).

Editor : Wahyu Rahmawati