Share  

IHSG

IHSG naik, asing mulai catatkan net buy

Oleh : Dede Suprayitno
Kamis, 12 Oktober 2017
21:07 WIB
IHSG naik, asing mulai catatkan net buy

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencatatkan kenaikan 0,74%. Indeks bertengger pada level 5.926,20, setelah sebelumnya dibuka pada level 5.886,42. Asing mencatatkan net buy Rp 387,88 miliar dari sebelumnya net sell Rp 800,95 miliar.

Reza Priyambada Analis Binaartha Parama Sekuritas menyatakan kenaikan saham-saham aneka industri dimotori ASII, SRIL, dan beberapa saham kabel. Selain itu saham-saham keuangan juga naik. Hal itu seiring adanya ekspektasi kenaikan kinerja memberikan dampak positif pada IHSG.

"Penguatan ini pun berimbas pada saham-saham di sektor lainnya. Pelaku pasar pun memanfaatkan pelemahan sebelumnya untuk ambil harga bawah. Sehingga aksi beli pun meningkat," terang Reza dalam riset yang diterima Kontan.co.id, Kamis (12/10)

Aksi beli ini pun mendapat dukungan dari imbas positif bursa saham AS yang menghijau. Hal tersebut berimbas pada kenaikan bursa saham Asia. Pembalikan arah naik memperlihatkan masih adanya kekuatan daya beli untuk menahan pelemahan yang ada.

"Apalagi jika pelaku pasar memiliki optimisme akan membaiknya kinerja kuartal ketiga 2017. Maka secara tidak langsung dapat berimbas positif pada laju IHSG selanjutnya," tambah Reza.

Namun demikian, kenaikan ini masih harus kembali diuji ketahanannya, agar dapat kembali melanjutkan kenaikannya. "Tetap antisipasi sentimen terutama dari berita-berita sektoral dan emiten, yang dapat membuat arah IHSG kembali bervariatif melemah kembali," pungkasnya.

 

 

Editor : Sanny Cicilia