Share  

BURSA EFEK INDONESIA / BEI

Investor lokal kian mendominasi bursa

Oleh : Dede Suprayitno
Minggu, 27 Agustus 2017
23:31 WIB
Investor lokal kian mendominasi bursa

KONTAN.CO.ID - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih mencatatkan nett sell asing sebesar Rp 1,69 triliun selama sepekan terakhir. Sedangkan selama hampir tiga bulan terakhir, nett sell asing masih tercatat sebesar Rp 25,68 triliun.

Hans Kwee Direktur Investa Saran Mandiri menyatakan sebagian dana asing dalam pasar modal sudah menjadi lokal. Hal itu lantaran adanya program tax amnesty dari pemerintah.

"Kita juga yakin, bahwa dana asing yang ada di Indonesia itu juga punya orang lokal juga. Jadi lokal itu masih cukup dominan di pasar itu sendiri," kata Hans kepada KONTAN, Sabtu (26/8).

Dia menilai, saat ini investor domestik juga cukup optimistis. Sedangkan investor asing sendiri cenderung melakukan balancing portofolio. "Yang terjadi sekarang lokal optimisis. Ini menyebabkan pasar asing nett sell pun pasar masih cukup kuat," lanjutnya.

Menurutnya, kinerja kuartal emiten nanti akan menjadi sentimen positif berikutnya. Menurutnya, bila rata-rata laba korporasi bisa tumbuh 15%, dia optimistis bila indeks bisa tembus level 6000.

"Kami akan lihat di kuartal 3, ini masih ada potensi upset," pungkasnya.

Editor : Johana K.