Share  

E-COMMERCE

Krafie incar tiga jenis UMKM

Oleh : Maizal Walfajri
Kamis, 14 September 2017
17:19 WIB
Krafie incar tiga jenis UMKM

KONTAN.CO.ID -  Supaya situs belanja bisa bersaing, harus ada perubahan. Hal ini dilakoni oleh situs ukmmarket.co.id yang mengubah nama menjadi Krafie.com. Situs belanja tersebut kini khusus melayani UMKM bidang kerajinan tangan, fesyen dan kuliner.

Menurut Iim Rusyamsi, co-founder Krafie.com, pihaknya harus mengubah konsep ukmmarket.com bila ingin tetap eksis. Bila berjalan seperti dahulu yang tidak fokus ke bidang tertentu UMKM tapi seluruh bidang, maka tidak ada hal yang istimewa atau menjadi ciri khas dari situs belanja tersebut.
Makanya dengan memilih tiga bidang tersebut, ia berharap ada ciri khusus yang melekat pada Krafie.com. "Jadi kami kerucutkan dan tiga bidang tersebut yang kami sasar," katanya kepada KONTAN, Rabu (13/9).

Selain itu ia juga ingin menjembatani kebutuhan dari para UMKM dalam hal permodalan. Sebab tak jarang pebisnis tersebut kerap kekurangan modal bila mendapat order pesanan dalam jumlah yang banyak. "Jadi kami juga mengedukasi, mengurasi, dan membantu kebutuhan UMKM termasuk permodalan," tambahnya.

Sayang, Iim tidak merinci mekanisme pemberian bantuan ke para UMKM tersebut, terutama dari sisi permodalan. Tapi setidaknya Krafie bisa memantau perkembangan omzet dari pebisnis tersebut.

Sampai akhir tahun ini, Iim menargetkan bisa menggaet hingga 5.000 UMKM. Terutama di tiga sektor tersebut.

Agar target tercapai, Krafie.com terus mengelar berbagai kegiatan seminar UMKM. Selain itu kerap menjemput bola dengan mendatangi para pelaku UMKM. Tahun lalu saja, perusahaan ini sudah bertandang ke 20 kota.

Langkah lainnya yang tidak kalah penting adalah memperbaiki layanan di situs belanja tersebut. Serta merampungkan proyek supaya Krafie.com dapat diakses melalui telpon pintar di iOS dan Android. "Selain itu kami juga mengundang investor untuk masuk. Selama ini baru dari pendiri Krafie.com saja," timpal Iim

Editor : Markus Sumartomjon