Share  

IHSG

Libur akhir tahun mulai warnai sentimen IHSG

Oleh : Chindy Puri
Kamis, 12 Oktober 2017
19:26 WIB
Libur akhir tahun mulai warnai sentimen IHSG

KONTAN.CO.ID - Perdagangan saham berhasil menguat setelah turun dua hari berturut-turut. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bertahan di zona hijau dengan kenaikan 0,74% ke posisi 5.926,20. Investor asing mulai memasuki pasar dan mencetak net buy Rp 424,96 miliar di pasar regional dan Rp 387,53 miliar di seluruh pasar.

Analis Paramitra Alfa Sekuritas Kevin Juido menilai masuknya investor asing mejadi sentimen positif. Di samping itu, beberapa emiten mulai rilis laporan keuangan dengan hasil positif. laihat saja, Bank BNI (BBNI), Semen Indonesia (SMGR) dan Semen Baturaja (SMBR) menunjukkan pertumbuhan.

Harga komoditas, batubara, crude palm oil (CPO) juga menguat. Sektor pendorong IHSG hari ini berasal dari aneka industri yang melambung 2,12%, sektor industri dasar tumbuh 1,53% seiring pertumbuhan 1,46% dari infrastruktur dan sektor keuangan naik 1,27%.

Memasuki akhir tahun, Kevin memperhatikan daya beli masyarakat dan impor cenderung menanjak. Sebab, ada hari natal dan tahun baru. Neraca perdagangan minggu depan berpotensi surplus, sehingga menjadi katalis positif untuk pergerakan IHSG besok.

Kevin memproyeksikan IHSG menguat terbatas di level support 5.905 dan resistance 5.950. "Biasanya, Jumat ada aksi ambil untung. Namun, saya melihat ada potensi laporan keuangan beberapa emiten besar keluar, pelaku pasar lokal bisa masuk untuk besok," jelasnya.

Editor : Sanny Cicilia
    Berita Terkait