Share  

EKSPANSI BISNIS

MIKA akan caplok RS Kasih Group

Oleh : Tane Hadiyantono
Senin, 04 September 2017
19:47 WIB
MIKA akan caplok RS Kasih Group

KONTAN.CO.ID - PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) berencana mencaplok PT Rumah Kasih Indonesia (RKI) untuk menambah koleksi rumah sakit yang melayani pasien BPJS.

Dalam keterbukaan informasi MIKA yang dirilis Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (4/9), emiten yang bergerak di bidang jasa konsultasi bisnis dan manajemen rumah sakit tersebut menyatakan akan mengambil alih PT Rumah Kasih Indonesia melalui dua tahap.

Tahap pertama, penyetoran modal, di mana RKI akan menerbitkan 87,856 juta saham baru yang seluruhnya akan diserap MIKA. Nilai transaksi ini sebesar Rp 189,15 miliar.

Tahap kedua, melalui penjualan, pengalihan dan pemindahtanganan sebagian saham RKI. Total nilai transaksi pembelian saham tersebut senilai Rp 153,49 miliar. Penjualan terbesar yaitu saham milik Jozef Darmawan Angkasa, Komisaris Utama MIKA yaitu sebesar 32,08 juta saham.

MIKA berencana memperbesar pangsa pasar dan mendukung pemerintah dalam menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Seperti diketahui, dalam Rancangan APBN 2018, pemerintah menganggarkan sebesar Rp 25,2 triliun untuk program JKN. MIKA berharap, seiring peningkatan anggaran tersebut, dapat berdampak positif ke kinerja keuangan.

Perseroan juga berencana mengakuisisi tujuh rumah sakit yang melayani pasien BPJS. Jika akuisisi yang rencananya rampung pada Oktober 2017 itu berjalan lancar, maka perusahaan memiliki delapan RS yang melayani BPJS.

Rumah Kasih Indonesia merupakan bagian dari Kasih Group yang menaungi tujuh rumah sakit dan rumah sakit ibu dan anak yang tersebar di seputaran Jabodetabek. Ketujuh rumah sakit tersebut adalah Rumah Keluarga Sumber Kasih Cirebon, Rumah Ibu dan Anak Karunia Kasih Bekasi, Rumah Ibu dan Anak Cinta Kasih Tangerang Selatan, Rumah Ibu dan Anak Restu Kasih, Jakarta Timur, Rumah Keluarga Betha Medika Sukabumi, Rumah Ibu dan Anak Mitra Family, Karawang, Jawa Barat dan Rumah Keluarga Kartika Medical Center di Sukabumi.

 

 

Editor : Dupla Kartini
    Berita Terkait