Share  

PELINDO III

Moody's tegaskan level Baa3 surat utang Pelindo II

Oleh : Dessy Rosalina
Kamis, 14 September 2017
13:19 WIB
Moody's tegaskan level Baa3 surat utang Pelindo II

KONTAN.CO.ID - Moodys Investors Service menegaskan peringkat surat utang pelabuhan Indonesia II (Persero) atawa Pelindo II di level Baa3. Senior notes tanpa jaminan juga mendapat penegasan peringkat Baa3.

Moodys juga menurunkan penilaian kredit dasar atawa baseline credit assessment (bca) Pelindo II menjadi ba1 dari sebelumnya baa3. 

Peringkat kredit dasar ini hanya mencerminkan kualitas kredit perusahaan, terpisah dari faktor lain. Moodys menyematkan outlook positif pada peringkat surat utang Pelindo II

Penegasan peringkat berdasarkan dua hal yakni peringkat bca di level ba1 dan kenaikan satu level peringkat berdasarkan asumsi efek positif dari perbaikan peringkat surat utang Indonesia di level Baa3
 positif. 

Catatan Moodys, bca Pelindo II mencerminkan posisi terdepan di industri pelabuhan di Indonesia kendati ada banyak hambatan di industri tersebut. 

"Namun, rencana capex Pelindo II untuk ekspansi signifikan dalam tiga tahun ke depan berpotensi melemahkan kondisi keuangannya sehingga bca lebih tepat turun ke level ba1," kata Ray Tay, Vice President and Senior Credit Officer Moodys dalam siaran pers yang diterima KONTAN, Rabu (14/9). 


Selama 1-3 tahun ke depan, Moodys mengharapkan rasio Dana dari Operasi (FFO) / Adjusted Debt berada di kisaran 7% -10%, dengan asumsi bahwa perusahaan melanjutkan ekspansi pelabuhan seperti yang direncanakan.

Moodys mencatat, kinerja Pelindo II tertopang dukungan penuh pemerintah Indonesia karena peran penting perusahaan dalam sektor transportasi maritim di Indonesia dan pintu gerbang perdagangan internasional.

 

Editor : Dessy Rosalina