Share  

CURRENCY

Pasangan EUR/USD berpeluang melemah

Oleh : RR Putri Werdiningsih
Minggu, 13 Agustus 2017
16:08 WIB
Pasangan EUR/USD berpeluang melemah

KONTAN.CO.ID - Meski ditutup menguat pada perdagangan Jumat (11/8), pasangan EUR/USD masih diselimuti tren bearish. Sejumlah indikator teknikal menunjukkan peluang terjadinya koreksi. Kurs euro akan berbalik melemah terhadap dollar Amerika Serikat (AS).

"Dollar AS sebenarnya sudah oversold sehingga ada peluang rebound," ungkap Alwi Assegaf, analis PT Global Kapital Investama Berjangka kepada KONTAN, akhir pekan ini.

Menurutnya kalau ketegangan politik yang terjadi antara AS dan Korea Utara sudah sedikit mereda, ada peluang dollar AS untuk mulai menguat. Kalau itu terjadi pasangan EUR/JPY bisa jadi akan melemah.

Lanjut Alwi, secara teknikal saat ini harga bergerak dibawah moving average (MA) 10 yang artinya trend jangka pendek pasangan EUR/USD sudah mulai bearish. Namun dalam jangka menengah harga masih berada diatas MA 55. Kemudian indikator stochatic menunjukkan pola deadcross memotong ke bawah yang mengindikasikan potensi penurunan. Relative strength index (RSI) dan moving average convergence divergence (MACD) sama-sama sudah menunjukkan sinyal bearish divergence.

"Trend naik tapi ada ancaman berbalik arah," timpalnya.

Rekomendasi EUR/USD: sell
Support: 1,1690 - 1,1650 - 1,1560
Resistance:  1,1823 - 1,1870 - 1,1910

Editor : Wahyu Rahmawati