Share  

THAI LEE

Resep jitunya, bertumpu pada layanan prima (2)

Oleh : Galvan Yudistira
Rabu, 13 September 2017
16:22 WIB
Resep jitunya, bertumpu pada layanan prima (2)

KONTAN.CO.ID - Thai lee merupakan pebisnis handal di bidang solusi teknologi di Amerika Serikat (AS). Meski pada awalnya wanita kelahiran tahun 1958 tersebut tidak mengenal dunia teknologi, berkat keuletan dan kesabaran mengelola karyawan, SHI Internasional berkembang pesat dan menjadi perusahaan non-publik terbesar ke-43 di Amerika Serikat. Lewat kepemilikan 40% saham SHI International, Lee telah mempu mencetak kekayaan hingga US$ 1,6 miliar.

Kemampuan Thai Lee mengembangkan bisnis patut diacungi jempol. Wanita kelahiran tahun 1958 ini berhasil menyulap perusahaan provider TI dengan karyawan hanya lima orang, menjadi raksasa penyedia solusi teknologi terkemuka di Amerika Serikat (AS).

Lewat entitas bisnisnya, Sofware House International atau SHI International, Lee mendapatkan predikat sebagai salah satu miliader wanita sukses di AS. Lewat kepemilikan 40% saham SHI International, Lee berhasil mengumpulkan kekayaan senilai US$ 1,6 miliar.

Kekayaan tersebut diperoleh dari kinerja perusahaan yang terus menanjak. Mengutip Forbes, pendapatan perusahaan tersebut kini mencapai US$ 7,5 miliar. Ini menjadikan SHI International menjadi perusahaan non-publik terbesar ke-43 di AS.

Beberapa produk unggulan yang saat ini ditawarkan SHI International adalah sejumlah solusi teknologi, semisal solusi komputasi awan. Kini, SHI International mempekerjakan 3.500 orang dan memiliki kantor cabang tersebar di sejumlah kawasan, semisal Amerika Utara, Eropa, serta Asia.

Kunci sukses Lee mengembangkan bisnis ini adalah mengutamakan loyalitas klien dan memberikan apresiasi yang layak untuk karyawan. Contoh sederhana apresiasi terhadap karyawan tersebut berupa tidak membeda-bedakan tempat parkir antara karyawan biasa dengan eksekutif. Perusahaan ini juga tidak memberikan tunjangan spesial bagi pekerjanya di level eksekutif.

Lee ingin memastikan seluruh karyawan perusahaannya merasa dihargai. Dia berharap, dengan hubungan mesra yang terbina antara pemilik dan pekerja, kinerja perusahaan bisa lebih optimal.

Salah satu bentuk loyalitas karyawan Lee ditunjukkan dengan melayani pelanggan dengan dedikasi yang tinggi, bahkan rela memakai hari liburnya untuk melayani kebutuhan konsumen.

1 2 Next
Editor : Tri Adi