Share  

MAKROEKONOMI

Survei: 43,3% responden menilai ekonomi membaik

Oleh : Anggar Septiadi
Rabu, 11 Oktober 2017
18:34 WIB
Survei: 43,3% responden menilai ekonomi membaik

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hasil Survei Indikator Politik Indonesia soal Evaluasi Tiga Tahun Jokowi-JK dan Efek Elektoralnya yang dilakukan pada 17-24 September 2017 menyebut, masyarakat menilai keadaan ekonomi tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu.

"43,3 % responden menganggap ekonomi membaik, sementara 34,1% menilai tak ada perubahan, dan 18,4% merasa ekonomi makin buruk," kata Burhanudin Muhtadi, Direktur Eksekutif Indikator Politik saat memaparkan hasil surveinya (11/10) di Jakarta.

Hasil tersebut menurut Burhanudin membuat masyarakat semakin yakin atas kondisi ekonomi nasional setahun mendatang. Hal ini tercermin dari hasil survei di mana 65% responden yakin ekonomi Indonesia makin baik, sementara 18% menilai tak akan ada perubahan, dan 5% menilai ekonomi akan makin memburuk.

Burhanudin menilai, beberapa capaian infrastruktur Jokowi- JK jadi salah satu pendorong yang membuat ekonomi jadi lebih baik.

"Pembangunan jalan, transportasi umum dan jalan tol dan jalan trans di luar jawa dianggap masyarakat menjadi keberhasilan pemerintahan Jokowi-JK dalam mengatasi masalah," lanjut Burhan.

Sekitar 72% responden menilai pembangunan jalan umum menjadi bukti utama kinerja Jokowi-JK. Indikator keberhasilan lainnya adalah soal akses kesehatan di Puskesmas dan rumah sakit sebesar 65% yang berada di urutan kedua.

Selanjutnya, pembangunan sarana transportasi umum, jalan tol di luar Jawa, dan Jalan Trans di luar jawa masing-masing adalah 60%, 56%, dan 56%.

Editor : Barratut Taqiyyah Rafie