Share  

MULTIFINANCE

TPG Capital akan jual saham BFI Finance?

Oleh : Tendi Mahadi
Rabu, 13 September 2017
20:58 WIB
TPG Capital akan jual saham BFI Finance?

KONTAN.CO.ID - Pemegang saham terbesar dari perusahaan pembiayaan PT BFI Finance Indonesia, TPG Capital dikabarkan berniat menjual kepemilikan sahamnya. Seperti dikutip dari Bloomberg, pemegang saham yang lain, Trinugraha Capital juga telah menunjuk penasehat di aksi penjualan 43% saham milik TPG Capital.

Konsorsium didalamnya adalah Northstar Group dan pengusaha Boy Garibaldi Thohir juga disebut sedang mempertimbangkan untuk keluar dari BFI Finance karena telah mendekati rekor tertinggi. Saham dari multifinance tersebut telah meningkat 86% selama tahun lalu.

Kenaikan ini melampaui kenaikan 12% di tahun 2008 lalu. Nilai transaksi ini sendiri diperkirakan mencapai Rp 3,8 triliun. Sumber Bloomberg menyebut, aksi ini telah menarik perhatian sejumlah calon investor dari Jepang dan Korea Selatan.

Berdasarkan catatan KONTAN, TPG Capital masuk ke BFI Finance sejak 2011 di bawah konsorsium yang dipimpin Boy Garibaldi Thohir. Nilai transaksi pembelian saham Rp 1,44 triliun atau setara dengan US$ 168 juta.

Editor : Dessy Rosalina