Share  

NUTRISI

Tujuh nutrisi wajib untuk kesuburan pria

Selasa, 22 Desember 2015
15:58 WIB
Tujuh nutrisi wajib untuk kesuburan pria

JAKARTA. Para pria, Anda tentu ingin selalu sehat dan merasa perkasa. Keinginan itu wajar dan tidak mustahil Anda capai. Konsumsi saja tujuh nutrisi berikut ini dan rasakan manfaatnya.

Selenium

Selenium merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi atau mencegah kerontokan rambut pada pria. Selain itu, dapat meningkatkan kesuburan dan kesehatan sperma.

Selenium juga bagus untuk menurunkan Kolesterol jahat dan mencegah penggumpalan darah. Selenium banyak terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian. Makan segenggam kacang rebus tiga kali seminggu, dan Anda akan merasakan manfaatnya.

Vitamin B

Vitamin B  penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu untuk meringankan depresi, menjaga kesehatan saraf dan meningkatkan energi.

Folat (vitamin B9) dapat membantu menjaga sperma tetap sehat, sementara biotin (vitamin B7) dapat membantu mengatasi kebotakan.  Sumber yang baik dari vitamin B  biji-bijian, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau.

Seng

Seng atau zinc sangat penting untuk kesuburan pria dan kesehatan seksual. Mineral ini tidak hanya membantu mempertahankan tingkat testosteron yang sehat dan meningkatkan libido, namun juga penting untuk produksi sperma yang sehat. Sumber makanan yang banyak mengandung seng adalah  tiram, biji labu dan kerang.

Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 adalah salah satu nutrisi dengan banyak fungsi dan dapat membantu mengatasi banyak keluhan kesehatan. Asam lemak omega-3 dapat menurunkan kadar Kolesterol jahat dan juga dapat mengurangi risiko banyak penyakit, termasuk penyakit jantung dan depresi. Salah satu sumber terbaik omega-3 adalah ikan laut seperti tuna dan tongkol.

Vitamin D

Selain berguna untuk menjaga kesehatan tulang,  vitamin D juga dapat membantu mencegah gangguan mental dan penyakit jantung. Bahkan, penelitian menyebutkan, vitamin ini dapat menurunkan risiko  kanker prostat.

Selain itu, vitamin D disinyalir mampu meningkatkan dorongan seks  dengan cara meningkatkan kadar testosteron.

Satu jam berjemur di bawa sinar matahari pagi dapat meningkatkan kadar testosteron pria sebanyak 69 persen. Sumber  vitamin D yang baik di antaranya adalah  minyak ikan dan kuning telur.

Likopen

Likopen adalah sejenis karotenoid yang memberi warna merah pada tomat dan wortel. Likopen dapat membantu menurunkan Kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung, dua penyebab utama kematian pada pria.

Penelitian juga menunjukkan, bahwa pria yang sering mengonsumsi makanan kaya likopen, akan berkurang risikonya terkena kanker prostat. Bahkan disebut-sebut, likopen dapat memperlambat pertumbuhan dan membunuh sel-sel kanker prostat.

Magnesium

 Magnesium adalah kunci untuk kesehatan jantung dan otot, membantu mengatasi stres sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan insomnia, kecemasan dan tekanan darah tinggi.

Magnesium juga penting untuk menjaga tingkat energi dan membantu kinerja fisik selama Anda berolahraga. Sumber makanan yang kaya magnesium adalah sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian. (Lily Turangan)

 

Editor : Hendra Gunawan
Sumber : Kompas.com
    Berita Terkait