Share  

EMITEN

XL Axiata: Kompetisi semakin keras di e-commerce

Oleh : Riska Rahman
Kamis, 24 Agustus 2017
20:16 WIB
XL Axiata: Kompetisi semakin keras di e-commerce

KONTAN.CO.ID - PT XL Axiata Tbk (EXCL) kini resmi meninggalkan bisnis e-commerce Indonesia. Pasalnya, EXCL akhirnya melepas seluruh kepemilikan sahanya di PT XL Planet, pengelola situs belanja online Elevenia.

EXCL telah menandatangani perjanjian jual beli bersyarat untuk melepas seluruh kepemilikan sahamnya di perusahaan kongsi milik EXCL dan SK Planet Global Holdings Pte Ltd tersebut, Kamis (24/8). Nantinya, Elevenia memiliki pemilik baru yaitu PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte Ltd.

Kompetisi yang ketat membuat EXCL memutuskan untuk hengkang dari industri e-commerce. "Kompetisi yang ketat akhirnya mendorong sektor ini ke dalam model bisnis dengan investasi besar. Pendatang baru dari pemain besar yang didukung oleh investor raksasa telah menyebabkan kompetisi yang semakin keras dan jurang ketidakpastian yang semakin dalam," tulis manajemen dalam keterangan resminya.

Dilepasnya kepemilikan saham EXCL di Elevenia bisa berdampak positif ke kinerja perusahaan. Hasil penjualan Elevenia tersebut bisa digunakan perusahaan untuk membagi keuntungan ke para pemegang sahamnya dan mengoptimalkan layanan ke pelanggannya. Selain itu, penjualan ini juga bisa mengurangi potensi kerugian yang mungkin timbul dari situs e-commerce ini.

Sayangnya, EXCL enggan memberikan nilai penjualan Elevenia ini. "Sesuai dengan kesepakatan yang ada, nilainya tidak bisa kami buka," ujar Tri Wahyuningsih, GM Corporate Communication EXCL kepada KONTAN, Kamis (24/8).

Adapun dengan penjualan ini, perusahaan akan lebih memfokuskan bisnisnya ke layanan telekomunikasi data. Namun, Direktur Utama EXCL Dian Siswarini berjanji untuk terus memberi dukungan pada industri e-commerce domestik.

"Dukungan terhadap industri e-commerce akan tetap kami lakukan melalui fitur-fitur digital di layanan data yang kami sediakan untuk pelanggan," paparnya.

Editor : Dessy Rosalina