Share  

CEO Talk

Kami akan Menjadi e-Commerce Terbesar

Oleh : Aulia Ersyah Marinto — Chief Executive Officer PT Metraplasa
  Jumat, 11 Agustus 2017    16:49 WIB

Pemerintah bakal memaksimalkan e-commerce lewat PT Metraplasa (Blanja.com) untuk menjual produk 118 BUMN dan UKM binaan BUMN. Di kuartal ketiga ini, pemegang saham, Telkom dan eBay akan menyuntik dana Rp 500 miliar.

Kepada jurnalis Tabloid KONTAN Merlinda Riska, CEO Blanja.com Aulia Ersyah Marinto menceritakan rencana bisnis Blanja.com, Selasa (11/7).

Saya dipercaya oleh para pemegang saham (shareholders) untuk memimpin Blanja.com sejak pertama kali berdiri, yakni tahun 2012.

Blanja.com merupakan perusahaan patungan (joint venture) antara PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dan eBay, perusahaan teknologi yang cukup matang di dunia e-commerce secara global. Pada tahun 2014, Blanja.com resmi berjalan.

Pada saat itu, industri e-commerce masih benar-benar baru. Namun, sudah ada sembilan sampai sepuluh pemain. Tetapi, semua pemain di industri ini masih meraba-raba atau learning by doing. Tidak ada satu pun yang ahli di bidang ini.

Hal itu merupakan tantangan tersendiri buat saya selaku pemegang amanah memimpin Blanja.com.

Rekam jejak karier saya selama ini menunjukkan bahwa saya berada di industri yang sudah sangat establish, yakni industri telekomunikasi, sejak tahun 1997. Namun, saya sudah berkenalan dengan dunia digital pada tahun 2000.

Nah, yang saya lakukan pertama kali adalah menerjemahkan visi yang ditetapkan oleh para pemegang saham tersebut ke dalam kebijakan di Blanja.com.

Ada beberapa poin yang sudah menjadi keharusan untuk dijalankan. Contohnya, bentuk dari Blanja.com haruslah marketplace dan ada transfer pengetahuan juga teknologi dari para ahli di eBay. Sehingga menjadi lumrah ada ahli eBay di sini. Seperti chief operation officer Blanja.com itu berasal dari eBay.

Lalu sekarang bagaimana cara saya untuk membesarkan Blanja.com? Hal yang menurut saya paling penting dan mendasar untuk dilakukan adalah mencari talent atau sumber daya manusia (SDM) yang bisa bekerjasama dengan saya untuk mencapai target Blanja.com.

Jabatan terakhir saya sebelum menjadi CEO di Blanja.com adalah Presdir Corporate Communication di Telkomsel, di situ saya membawahi divisi legal, corporate communication, juga investor relations.

Nah, jika membutuhkan orang berpengalaman untuk perkuat tim saya di bidang corporate communication, saya akan mensyaratkan kualifikasi berpengalaman minimal tiga tahun di media atau agency.

Tetapi ternyata, saya tidak bisa melakukan itu. Sebab, belum banyak orang yang sudah berpengalaman katakanlah lima tahun di industri ini.

Maka itu, selain menjadi tantangan, hal ini merupakan kontradiktif. Saya harus mencari orang yang ahli sekaligus gesit untuk bisa membuat Blanja.com ini mampu berlari dan lincah secara bisnis di industri e-commerce.

Akhirnya, saya putuskan untuk mengisi tim ini dengan orang-orang muda, para generasi millenial yang usianya sekitar 20 tahun–35 tahun.

1 2 3 Next